smadalumajang

tempat ngobrol siswa, guru, karyawan, dan alumni SMAN2 Lumajang
 
IndeksIndeks  CalendarCalendar  GalleryGallery  FAQFAQ  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 (Islam) Perlukah Umat Islam Lancar berbahasa Arab?

Go down 
PengirimMessage
Admin
Admin
Admin
avatar

Male
Jumlah posting : 121
Lokasi : Bandung
Registration date : 07.01.09

PostSubyek: (Islam) Perlukah Umat Islam Lancar berbahasa Arab?   Fri Jan 23, 2009 5:10 am

Perlukah Umat Islam Lancar berbahasa Arab?


fakta :
1. khotbah di 'daerah tertentu' cenderung menggunakan bahasa daerah, padahal tidak semua orang berasal dari daerah itu.
2. khotbah di Indonesia (secara keseluruhan) mayoritas menggunakan bahasa Indonesia, padahal tidak semua umat islam di Indonesia berasal dari Indonesia dan mengerti bahasa Indonesia (bahkan orang indonesia pun banyak yang tidak mengerti bahasa indonesia)
3. beberapa pengajian yang menggunakan bahasa arab sebagai media penyampaiannya 'cenderung' dianggap "ekstrim" atau "garis keras" atau "eksklusif" dll, dsb. drs. dkk...
4. Sementara Islam diturunkan dalam bahasa Arab..

menurut anda, Perlukah Umat Islam Lancar berbahasa Arab?
mohon bimbingannya...
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://smadalumajang.indonesianforum.net
njepat21
Penduduk
Penduduk
avatar

Jumlah posting : 80
Lokasi : Palestina
Registration date : 08.01.09

PostSubyek: Re: (Islam) Perlukah Umat Islam Lancar berbahasa Arab?   Fri Jan 23, 2009 2:47 pm

gak usah, gak perlu


TUHAN TU UNIVERSAL !!!!!


nah sekarang, apakah boleh sholat di langgar ???


Laughing
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Admin
Admin
Admin
avatar

Male
Jumlah posting : 121
Lokasi : Bandung
Registration date : 07.01.09

PostSubyek: Re: (Islam) Perlukah Umat Islam Lancar berbahasa Arab?   Fri Jan 23, 2009 3:47 pm

berarti kasihan orang rantauan kaya saya ini, kalo lg jumatan gak ngerti blass khotbahe maksude opo... Hahahaha, gak dapet pahalanya... Sad

hahahaha,, ada pertannyaan yg menjebak, how bout this Mas...
kalo di langgar boleh
kalo dilanggar gak boleh .. hehehe??

bagaimana menurut yang lain?
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://smadalumajang.indonesianforum.net
njepat21
Penduduk
Penduduk
avatar

Jumlah posting : 80
Lokasi : Palestina
Registration date : 08.01.09

PostSubyek: Re: (Islam) Perlukah Umat Islam Lancar berbahasa Arab?   Sat Jan 24, 2009 1:44 pm

hayo-hayo..........................

oi.................endi liane iki rek.

mosok sing diskuis mek wong iku-iku ae


waaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

Sleep Sleep Sleep Sleep Sleep
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
via2004
Penduduk
Penduduk
avatar

Jumlah posting : 74
Registration date : 07.01.09

PostSubyek: Re: (Islam) Perlukah Umat Islam Lancar berbahasa Arab?   Sat Jan 24, 2009 4:29 pm

kalo menurutku, harus paham, minimal bahasa alquran, dan hadist...
sisanya meskipun sedikit, yaaa ngerti lah, biar kendala roaming bisa sedikit dikurangi

sebel juga kalo jauh2 dengerin ceramah orang, eh bahasa roaming (meskipun aku sih, yang pendatangnya jadi ngertiku gur boso indonesiyo karo boso jowo)

Embarassed
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
zamroni
Penduduk
Penduduk
avatar

Male
Jumlah posting : 60
Age : 33
Lokasi : jakarta-bandung
Registration date : 08.01.09

PostSubyek: Re: (Islam) Perlukah Umat Islam Lancar berbahasa Arab?   Fri Feb 27, 2009 6:09 pm

bener kata via...
tp aq dl pernah denger klo ada model kristenisasi yang make bahasa arab, dibacanya pake tertil lg....
nah orang2 yg g ngerti artinya, bakalan heeh2 aja klo denger bahasa arab dibaca kayak Alquran
dikiranya itu Al-Quran,,,,
lagian klo masalah khotbah jumat, itu kan pas jaman rosulullah, make bahasa arab, klo kita meniru, brarti kita ikut sunah rosul. tp klo yg d kasih khotbah g ngerti, yo percuma, isine g nyampe, jadi lek pingin oleh sunnah rosul n ngerti isine, yo kudu ngerti bahasa arab.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sponsored content




PostSubyek: Re: (Islam) Perlukah Umat Islam Lancar berbahasa Arab?   

Kembali Ke Atas Go down
 
(Islam) Perlukah Umat Islam Lancar berbahasa Arab?
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
smadalumajang :: Pembicaraan Serius :: Agama-
Navigasi: